Selasa, 28 Februari 2012

Muslimah, Jagalah kehormatanmu

Diantara wanita yang diabadikan namanya dalam al-Qur’an dan dipuji oleh Alloh adalah Maryam, ibunda Isa as. Bahkan Maryam menjadi nama dari salah satu surat dalam al-Qur’an. Ia telah dijanjikan surge dan kedudukannya sangat tinggi di sisi Alloh. Ia termasuk salah satu wanita yang telah berhasil meraih derajat kamal (kesempurnaan) yang mutlak dalam berbagai keutamaan.
Rosululloh bersabda:
“Dari kalangan kaum laki-laki telah banyak yang mencapai kesempurnaan, sedangkan dari kaum wanita tidak ada yang mencapai kesempurnaan kecuali Maryam binti Imran dan Asiyah, istri fir’aun." (HR. Bukhori, Muslim, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Maryam meraih kemuliaan dari Alloh SWT karena keimanan dan 'iffah (menjaga kesuciannya). 'Iffah (kesucian) sangat terkaut dengan rasa malu (haya’). Sifat malu seperti ini sangat terpuji, terlebih lagi bagi kaum wanita. Ia adalah perhiasan termahal bagi wanita dan pelindung kehkormatannya. Tanpa rasa malu, maka seorang wanita akan rendah martabatnya dan tercela.
Rosululloh bersabda:
"Iman itu memiliki tujuh puluh sekian cabang atau enam puluh sekian cabang. Cabang yang paling utama adalah perkataan laa ilaaha illallah, cabang yang terendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan, dan rasa malu adalah satu cabang dari iman.” (HR. Muslim, Abu Dawud, an Nasa’i)
Sesungguhnya Islam sangat memuliakan wanita. Bahkan tak ada agama yang lebih memuliakan wanita selain dari pada Islam. Islam menganggap wanita adalah kehormatan yang harus dipelihara dan makhluk lemah yang harus dilindungi. Betapa mulia wanita yang hidup dalam naungan Islam.

Keutamaan menjaga kesucian ('Iffah)
Menjaga kesucian adalah salah satu perintah syari’at yang agung dan ajaran Islam yang luhur. Kita meyakini bahwa syari’at yang mulia ini tidaklah memerintahkan sesuatu kecuali terdapat banyak kebaikan dan kemaslahatan di dalamnya. Diantaranya adalah:
1. Selamat dari murka Alloh dan nerakaNya
2. Terjaganya masyarakat dari kerusakan akhlak
3. Selamatnya agama seorang muslimah dari kehormatannya
4. Mendapatkan ridho Alloh dan surgaNya.

Sarana untuk Mencapai Kesucian (‘Iffah)
Islam, agama yang sangat menjunjung tinggi ‘iffah, telah mengajarkan beberapa hal yang jika diterapkan niscaya akan menjaga kesucian seorang wanita. Hal-hal tersebut diantaranya:
1. Mengokohkan Iman, seperti:
  • Menuntut Ilmu Agama
  • Mengenal nama-nama dan sifat Alloh
  • Membaca al-Qur’an disertai tadabbur (memahami maknanya)
  • Memperhatikan keindahan-keindahan Islam
  • Memperhatikan hukum-hukum Alloh
  • Memperbanyak Dzikir
  • Memperbanyak Ibadah-ibadah sunnah
  • Menjauhi dosa-dosa besar
2. Menundukan pandangan
3. Tidak mendengarkan lagu dan acara munkar
4. Tidak keluar rumah jika tidak mendesak
5. Menjaga adab-adab ketika keluar rumah
6. Menghindari membaca buku/novel yang merusak akhlak
7. Tidak mengikuti mode-mode barat
8. Bergaul dengan teman yang sholehah dan menjauhi orang-orang yang fasik
9. Menikah


Demikanlah hal-hal yang perlu diperhatikan oleh setiap pribadi muslimah. Jika kita ingin selamat dunia maupun akhirat, maka senantiasalah kita mengikuti syari’atNya. Dan menjaga kesucian merupakan sarana untuk mencapai kebagahiaan tersebut. Wallahu a’lam bishowab
Sumber: Kartu Dakwah HASMI edisi 41

Pasang Iklan 150x150 px

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru