Jumat, 07 April 2017

Hantu, Bid'ah Khurofat di Indonesia



Orang barat sana mungkin hanya mengenal dua hantu saja, Dracula dan Casper (hantu baik), Orang China hanya mengenal Vampire. Tapi negeri kita ini, begitu kaya dengan nama-nama hantu. Bahkan setiap pulau dan daerah ada hantu yang memiliki nama khusus, dengan karakter yang khas pula. Apalagi di Pulau Jawa, seabrek nama hantu yang tersohor, sebagian nama hantu sudah "naik pangkat" menjadi kaliber nasional, seperti: pocong, genderwo, dewi sri, kelong-wewe, sundel bolong, kuntilanak, tuyul, buta ijo dan lain-lain. Tidak menutup kemungkinan akan lahir nama-nama hantu baru, dengan ciri dan karakter yang khas pula.

Kiyai dan Kuburannya diagungkan. Inlah kesyirikan

“Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian telah menjadikan kubur-kubur sebagai masjid… Ingatlah janganlah kalian menjadikan kubur sebagai masjid, karena sesungguhnya aku melarang kalian dari hal ini.” (HR. Muslim, an-Nasai, Ibnu Hibban, dan Abu 'Awanah dari Jundub bin Junadah).

Harakah Bid'ah?

Pertanyaan
Ustadz, ada anggapan bahwa harokah itu dilarang, dengan alasan bahwa Rasululloh tidak mengajarkan untuk membuat kelompok tersebdiri.. Kemudian juga benarkah dengan mendrikan harokah tersendiri malah memecah belah umat, dan apakah para anggotanya pun akan memandang berbeda kepada orang yang diluar anggotanya/anggota ormas lain, sebagaimana yang telah terjadi pada Ormas dan partai-partai Islam yang telah ada?

Apakah Membuat Organisasi atau Harakah itu hizbiy?

Pertanyaan
Ustadz, Ana sering mendengar bahwa kalau berorganisasi itu dilarang karena hizby, pertanyaannya apa itu Hizbi? Benarkah Hizbi itu dilarang Agama?

Jawaban..!
Arti dari Hizb adalah kedekatan.
Sedangkan Hizbi/Hizbiyah artinya kedekatan kepada kelompok ternetntu atau membela kelompok/golongan terntentu. (lihat kitab Al-Mu’jam al-Wasit, dan kitab fi ma kuntum Hizballah aw Hizbasy Syaiton, karya abdul Hadi Al-Mishry)


Pasang Iklan 150x150 px

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru