Sabtu, 10 Maret 2012

Alloh itu dekat


Maha dekatnya Alloh setidaknya mengandung 5 hal, di antaranya:

  1. Alloh memang dekat secara hakikat, artinya Alloh memang benar-benar dekat dari sisi jarak posisi antara Alloh dengan HambaNya. Sebagaimana Alloh berfirman : “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya dan Kami lebih dekat dari pada urat lehernya” (QS. Al-Qaaf: 16).
  2. Alloh maha dekat juga bermakna, Alloh maha melihat, mendengar, dan tak ada yang tersembunyi dari Alloh. “Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”. (QS. An Nisaa': 134)
  3. Alloh maha dekat, dalam arti Alloh maha mendengar dan mengabulkan do’a. Sebagaimana Alloh berfirman : “Dan Apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka katakanlah sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan doa orang yang memohon apabila ia memohon kepadaKu. Maka hendaklah mereka memenuhi (panggilan/perintah)Ku, dan beriman kepadaKu agar mereka mendapat petunjuk (bimbingan)”. (QS. Al-Baqarah: 186)
  4. Alloh maha dekat, dalam arti Alloh menolong orang yang sabar. “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 153)
  5. Alloh maha dekat, dalam arti Alloh maha menerima taubat."Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri."(QS. Al-Baqarah: 222). Bahkan semakin hamba mendekatkan diri kepadaNya, maka Alloh pun semakin tambah dekat dengan HambaNya. Sebagaimana dalam hadits disebutkan: “Tidaklah hambaKu mendekat kepadaku sejengkal melainkan Aku akan mendekat kepadanya sehasta. Tidaklah hambaKu mendekat kepadaKu dengan berjalan melainkan Aku akan mendekat kepadanya dengan berlari dan sebagainya”. (HR. Bukhori Muslim)

Sumber : Ringkasan Ceramah Kajian Malam Ust. Sholahudin, Lc di radio FAJRI FM 99.3 Mhz. Pada hari Jum’at 09 Maret 2012, pukul 20.00-21.30 WIB (Dakwah Ahlussunnah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pasang Iklan 150x150 px

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru