Kamis, 15 Maret 2012

Pontianak Mencekam, Dayak Kafir Serang Muslim dan Paksa Muslimah Buka Jilbab


Dakwah Ahlussunnah - Kalimantan. Situasi Pontianak masih mencekam. Hingga kini umat muslim masih bentrok dengan suku Dayak non muslim. Mereka melakukan aksi sweeping terhadap umat Islam.

“Malam ini dayak kafir sweeping umat Islam di Pasar Tanjung Pura - Gajah Mada- Pontianak,” tegas pesan singkat Ketua DPP FPI Munarman SH ke eramuslim.com, malam ini, Kamis (15/3).

Kezhaliman yang diperbuat suku Dayak non muslim ini tidak saja menyerang kaum pria, tapi juga para muslimah. Mereka mengalami pelecehan berupa paksaan membuka jilbab.

“Para muslimah dipaksa buka jilbab. Akhinya umat Islam bersatu melawan mereka. Sehingga dua luka-satu tumbang. Doakan,” lanjut Munarman.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Umat muslim dengan Suku Dayak Non muslim terlibat bentrok. Sejak Kamis sore,di halaman rumah Betang Pontianak, 3 truk terlihat merapat dan menurunkan massa Dayak.

Dari mereka terdengar teriakan-teriakan "BAKAR FPI!!". Hal ini kemudian dilanjutkan dengan aksi longmarch dengan membawa senjata tajam. Jalan Ahmad Yani di kota Pontianak pun macet total. Polisi juga sudah menutup akses menuju kota Pontianak untuk menahan massa yang dikabarkan telah berangkat dan hendak bergabung di kota Pontianak.

Sedangkan aparat keamanan pagi tadi melalui media massa, mengaku tidak mengetahui siapa pemilik spanduk bertuliskan "Tolak Pembentukan FPI di Kalbar" sehingga belum bisa menentukan siapa pelakunya.

Keterangan ini berbeda dengan saksi mata, seorang penjaga bengkel di sekitar Asrama Pangsuma, bahwa pihak kepolisian sempat berbicara dengan pemilik spanduk tersebut yang diduga menjadi pemicu bentrok.

Mengapa Aku Diciptakan?

Saudara-saudaraku kaum muslimin..

Salah satu pertanyaan mendasar dan fundamental yang seingkali menggelayuti benak banyak orang, termasuk Anda semua adalah "Apakah tujuan hidupku di dunia ini?"

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka anda perlu menjawab pertanyaan sebelumnya, "Mengapa aku diciptakan?"

Namun percayalah anda bahwa pertanyaan di atas telah membuat bingung panyak pakar, sarjana dan filsuf dalam memberikan jawabannya. Hanya Islam saja yang kemudian mampu memberikan jawaban yang jelas dan sederhana namun tuntas. alhamdulillah

Plato (Filsuf Yunani) yang konon seluruh hidupnya dihabiskan untuk mengembara dalam mencari jawaban atas pertanyaan tersebut, akhirnya sampai pada kesimpulan yang keliru dan virus rasionalitas yang kronis, "Bahwa Tuhan menciptakan alam semesta lalu melupakannya". Subhanalloh, Alloh maha suci dari apa yang plato tuduhkan. Padahal sangat jelas sekali pernyataan plato terbantahkan oleh firman Alloh dalam al-Qur'an : "Dan Tuhanmu tidaklah lupa" (QS. Maryam [19]: 64)

Filsuf lain, Karl Max (Seorang Komunis Atheis) berkesimpulan lebih aneh lagi. Menurutnya, "Tuhan menciptakan alam semesta hanya untuk main-main".
Sekali lagi al-Qur'an menolak asumsi sesatnya itu dalam firman Alloh, "Maka apakah kalian mengira bahwa Kami menciptakan kalian secara main-main saja, dan bahwa kalian tidak akan dikembalikan kepada Kami." (QS. al-Mu'minuun [23]: 115)

Saudara-saudaraku kaum muslimin..

Tidak ada seorang pun yang sanggup menjawab dua pertanyaan di atas dan mampu memberi konklusi yang benar kecuali al-Qur'an. Alloh berfirman, "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu." (QS. adz-Dzariyat [51]: 59). Yaitu mengesakanKu dalam beribadah kepadaKu saja.

Apakah maksud dari ayat tersebut adlah agar kita hanya mengerjakan sholat dan menyembah Alloh pada setiap waktu? Tentu saja tidak!

Anda dapat melakukan berbagai aktivitas keseharian lainnya seperti biasa. Namun, yang perlu diingat bahwa tujuan besar hidup anda adalah beribadah untuk mencapai keridhoan Alloh. Tujuan besar dan mulia ini harus selalu terpatri dalam aktifitas anda dan bahkan harus mewarnai seluruh aktifitas diam maupun gerak anda.

Sesibuk apapun anda, hanya ada satu hal yang selalu terngiang-ngian di benak anda. Bahwa segala sesuatu adalah milik Alloh. Bahwa seluruh aktifitas hidup anda merupakan bentuk ibadah yang hanya dipersembahkan kepada Alloh semata hingga anda bertemu denganNya pada hari kiamat.

Seluruh sisi kehidupan anda dapat bernilai ibadah jika dilaksanakan dengan niat menggapai ridho Alloh. Ibadah mencakup makna yang sangat luas, yakni seluruh aktifitas baik ucapan, perbuatan, baik yang nampak maupun yang tersimpan dalam hati yang dapat mendatangkan kecintaan dan keridhoan dari Alloh maka hal itu adalah ibadah. Seperti membantu orang sakit, meringankan beban dan kesukaran hidup orang lain, memenuhi keperluannya, menolong orang yang teraniaya, mengajar dan membimbing orang yang lain adalah ibadah. Berkata benar, taat kepada ibu bapak, amanah, menepati janji, memenuhi hajat keperluan orang lain adalah ibadah.

       Menuntut ilmu, menyuruh perkara kebaikan dan mencegah segala kejahatan, berjihad, tolong menolong kepada sesama manusia, dan kepada binatang, berdoa, puasa, sholat, membaca al-Quran, itu pun adalah sebagian dari ibadah. Begitu juga cinta kepada Alloh dan Rosul-Nya, melaksanakan hukum-hukum Alloh, sabar menerima ujian, bersyukur menerima nikmat, ridha terhadap qadha’ dan qodar-Nya dan banyak lagi kegiatan dan tindakan manusia yang termasuk dalam bidang ibadah.
Kesimpulannya adalah : Anda diciptakan dengan tujuan untuk Ibadah kepada Alloh. Dan tidak boleh ibadah kepada selain Alloh.








Blogwalking, cara efektif meningkatkan traffic pengunjung blog

Apakah anda seorang blogger (pemilik blog)? Jika ia, maka ada dua "kewajiban" yangharus anda kerjakan.
  1. Menulis artikel
  2. Mengajak orang untukmengunjungi blog anda lalu membaca artikel yang anda buat.
Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara agar orang-orangberkunjung ke blog anda?
Berbagai cara sering dilakukan blogger (pemilik blog) untukmeningkatkan jumlah pengunjung blog. Karena pada dasarnya kita menulis di blogagar tulisan kita dibaca orang lain yang lalu lalang di dunia maya. Lalu apalahartinya jika tidak ada orang yang berkunjung di blog kita.Tentunya tulisan yang kita buat kurang bermanfaat.

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatakan jumlahpengunjung blog kita adalah dengan melakukan blogwalking atau mengunjungi bloglain dan meninggalkan komentar atau menulis pesan pada chat yang ada pada blogtersebut.

Berikut sedikit tips untuk anda :
  1. Mulailah melakukan blogwalking dengan teman-temansesama blogger yang anda kenali, bacalah artikel pada blog mereka. Danselanjutnya tinggalkan komentar anda di blog tersebut. Tentu bukan asalkomentar, tetapi komentar yang “nyambung dengan artikelnya”
  2. Kunjungilah blog yang memiliki pagerank setara atau sedikitlebih populer dari blog anda. Kenapa blog yang lebih populare, ya karena merekaakan lebih perhatian dengan setiap komentar yang ada pada blog mereka.
  3. Jangan lupa berikan komentar dengan sopan dan tinggalkan alamatblog anda di bawah komentar anda atau cantumkan link anda di kotak komentartersebut. Dengan demikian si pemilik blog akan merasa diperhatikan dandihargai.

Keuntungan blogwalking adalah :
  1. Anda dapat melihat berbagai tampilan dari berbagai macam blog. Dananda akan dapat belajar tentang penataan blog, anda bisa bandingkan dengan bloganda. Lalu anda bisa menirunya jika menurut anda hal itu baik untuk ditiru.
  2. Anda akan mendapat ilmu baru dari artikel yang anda baca
  3. Dengan meninggalkan komentar, berarti anda meninggalkan jejak disana. Hal ini sangat berpotensi mengundang pemilik blog tersebut atau bahkandapat mengundang komentator lainnya untuk balik berkunjung ke blog anda.
Oleh : Yusuf, S.
Sumber : Dari Berbagai Sumber dan Pengalaman



Otak Lebih Sulit Ingat Bacaan Buku Digital Daripada Buku Cetak


DAKWAH AHLUSSUNNAH-Jakarta, Buku digital atau e-book adalah alternatif buku teks yang lebih baik dan lebih canggih. E-book mudah diperbanyak dan tersedia dalam banyak format sehingga memungkinkan pembacanya berinteraksi dengan banyak materi, kuis, multimedia dan suplemen lain yang memperkuat pelajaran.

Sayangnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa membaca materi dari buku cetak lebih mudah diingat untuk jangka panjang dibanding membaca lewat layar. Kate Garland, dosen psikologi di University of Leicester di Inggris menemukan bahwa tidak ada perbedaan dalam prestasi siswa ketika materi yang sama disajikan dalam bentuk digital maupun cetak.

Namun, ia menemukan ada sedikit perbedaan jangka panjang yang penting. Dalam sebuah penelitian, ia meminta mahasiswa psikologi membaca materi ilmu ekonomi yang belum pernah dikuasai. Ia menemukan ada 2 perbedaan yang muncul. 
Pertama, diperlukan mahasiswa lebih banyak mengulang-ulang membaca lewat komputer untuk memahami informasi yang sama. 
Kedua, pembaca buku lebih mencerna materi secara lengkap.

Garland menjelaskan bahwa ketika mengingat sesuatu, ingatan muncul tanpa harus berusaha mengingat konteks di mana pernah mempelajari sesuatu atau mencari petunjuk untuk menemukan jawaban. Menjadi tahu saja sudah cukup karena dapat mengingat fakta-fakta penting lebih cepat dan mudah.

"Apa yang kami temukan adalah bahwa orang-orang yang membaca dari kertas lebih cepat merasa tahu atas informasi yang dibaca. Ketika membaca lewat komputer, dibutuhkan waktu yang lebih lama dan harus membaca berulang-ulang agar pembaca dapat menjadi tahu," kata Garland seperti dilansir Time Healthland, Kamis (15/3/2012).

Konteks dan bentuk bacaan nampaknya juga berperan penting dalam proses mengingat. Semakin mudah konteks dan bentuk bacaannya, maka bahan bacaan makin mudah diingat. Faktor-faktor yang tampaknya tidak relevan juga dapat membantu memperkuat ingatan. Contohnya seperti materi bacaan di bagian atas atau kanan halaman, atau mungkin terletak di dekat gambar.

Penataan ruang dalam buku nampaknya sangat penting karena proses evolusi telah membentuk pikiran manusia agar mudah mengingat isyarat lokasi sehingga orang dapat menemukan jalan. Sejak zaman dulu, orang menggunakan trik yang disebut 'metode lokus' untuk mengingat hal-hal yang berhubungan dengan tempat-tempat yang diketahui, seperti bagaimana keadaan kamar di rumah semasa kecil.

E-book kurang memiliki penanda tempat dibandingkan buku cetak, terutama halaman yang berurutan ke bawah tanpa ada nomor halaman. Artinya, halaman e-book bisa dibilang tak terbatas dan dapat memusingkan. Buku cetak memberikan pembacanya titik referensi yang nyata dan membuat otak mudah mengingat sampai sejauh mana materi yang telah dibaca.

"Saya juga berpikir bahwa orang lebih sedikit mengingat materi-materi dari e-book. Ini bukan sesuatu yang secara resmi terukur, tetapi hanya didasarkan pada penelitian yang kami lakukan dengan cara melihat perilaku membaca lewat tablet, buku dan komputer," kata Jakob Nielsen, pakar web ternama dan kepala Nielsen Norman Group.

Nielsen juga menjelaskan bahwa penelitian menunjukkan makin kecil layar yang digunakan untuk membaca, maka bahan bacaan yang dibaca terasa kurang berkesan. Semakin besar layar yang digunakan, makin banyak hal yang dapat diingat. Contoh paling nyata adalah membaca buku lewat ponsel.

"Ingatan jangka pendek manusia sangat lemah dan mudah berubah. Itu sebabnya melirik satu atau dua halaman dan melihat semua halaman secara bersamaan memiliki manfaat besar. Meskipun mata hanya dapat melihat satu hal pada suatu waktu, menggerakkan mata dengan cepat jauh lebih praktis. Melihat halaman dan menghubungkan berbagai materi membuat orang lebih mudah memahami," kata Nielsen.
(pah/ir) detik
Kata kucni:
Kelebihan dan kekurangan e book
e-book sulit diingat

Pasang Iklan 150x150 px

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru