Skip to main content

Berdasarkan Survei. Orang yang jarang sholat unggulkan Jokowi.

JAKARTA–Lembaga Suvei Indonesia (LSI) Denny JA memaparkan hasil terbaru survei mereka. Dari data yang dimilikanya, mereka mengungkap pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul atas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di kalangan pemilih muslim.

Survei tersebut dikategorikan berdasarkan beberapa kategori, di antaranya terkait frekuensi ibadah salat dan tokoh atau ustaz yang banyak didengar umat.

Berdasarkan kategori frekuensi praktik ibadah salat terdapat tiga kategori besar, yakni :
Salat setidaknya sehari sekali dengan jumlah responden sebanyak 31.5 persen, salat hanya di momen tertentu dengan jumlah responden sebanyak 27.8 persen serta sisanya tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 40.7 persen responden.

“Untuk pilihan capres dan cawapres dari kategori ini masih diungguli oleh Jokowi-Ma’ruf,” kata peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar di kawasan Pulo Gadung, Jakarta, Jumat (24/8/2018).

Rully memaparkan, sedikitnya 57.9 persen suara untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf dari responden muslim yang melaksanakan salat setidaknya sekali dalam sehari, sedangkan pasangan Prabowo-Sandi harus puas dengan suara sebanyak 27.4 persen dari pemilih kategori ini.

Sementara itu untuk pemilih yang melaksanakan salat hanya di momen tertentu berselisih cukup tipis yakni sebanyak 43.5 persen untuk pasangan Prabowo-Sandi sedangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf mendapat suara sebanyak 41.2 persen.

Untuk pemilih berkategori tidak tahu atau tidak mau jawab sebanyak 55.2 persen memilih Jokowi-Ma’ruf dan 21.5 persen memilih Prabowo-Sandi.

Hal berbeda justru muncul pada responden muslim dengan kategori ulama atau tokoh yang paling didengarkan seperti Ustaz Abdul Somad, Ustad Yusuf Mansyur, Kyai Ma’ruf Amin hingga Habib Rizieq Shihab.

Untuk responden pengikut UAS suara pasangan Prabowo-Sandi unggul dengan perolehan suara sebanyak 41.7 persen, sedangkan responden pengikut Yusuf Mansyur dan Ma’ruf Amin lebih banyak memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf.

“Dan terkahir pemilih dari basis Habib Rizieq Shihab lebih condong ke Prabowo-Sandi dengan perolehan angka mencapai 64,3 persen, meski ada sekitar 21.4 persen suara dari pemilih yang mengidolakan Rizieq condong ke Jokowi,” kata dia.

Comments

TULISAN PALING POPULER