Skip to main content

Penyebab uang Anda cepat Habis

Hasil gambar untuk uang cepat habis


Alhamdulillah.. Hari ini gajian...
Gajian memang hari yang paling ditunggu-tunggu oleh semua pegawai. Namun, baru beberapa hari gajian, tak terasa uang sudah habis. Pernahkah Anda merasa demikian? Tentu saja.
Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya ke mana uang tersebut melayang. Tanpa disadari, Anda sering melakukan hal-hal yang dianggap sepele dan membuat gaji cepat habis. Hal seperti apakah itu? hal ini lah penyebabnya.

1. Beli Makanan Tambahan atau cemilan
Makanan adalah kebutuhan pokok dalam kehidupan, sehingga jika tak makan manusia akan sakit dan mati. Jika anda punya uang maka belanjakan uang anda untuk membeli makanan sebelum membeli yang lain, namun makanan yang dimaksud adalah makanan pokok ya, bukan cemilan.

Cemilan adalah makanan ringan yang tidak mengenyangkan, namun harga yang harus Anda bayar tak jauh beda dengan harga makanan pokok.

Pembelian camilan yang terlalu sering juga akan menguras uang di dompet Anda. Apalagi jika membelinya dalam jumlah yang banyak.

2. Sering Ke Minimarket
Minimarket kini menjamur sampai ke desa-desa, dan tentu saja dengan berbagai fasilitas yang menjadi daya tarik masyarakat, tempatnya nyaman, ber AC dan semua kebutuhan tersedia dengan lengkap, sehingga tak sedikit orang yang gemar berlama-lama di dalamnya.

Namun jika Anda tidak hati-hati bisa jadi anda terpancing untuk membeli barang yang sebenarnya tidak anda butuhkan. Hal ini dikarenakan barang yang tak anda butuhkan itu terpajang dengan baik dan menarik di rak-rak mereka. Sehingga jika tak berpikir panjang maka barang sekunder atau tersier tersebut langsung masuk ke keranjang belanjaan Anda. Padahal sebenarnya tujuan anda ke minimarket bukan untuk membeli itu.

Jika gaji anda besar mungkin tak masalah, namun bagaimana jika gaji anda hanya pas-pasan. Jika salah perhitungan, maka uang akan cepat habis.

3. Tidak berkah.
Nah inilah yang paling disepelekan padahal ini paling penting.
Apakah rezeki yang berkah itu? Rezeki yang berkah adalah rezeki yang bertambah dan mengandung manfaat dan kebaikan di dalamnya. Sementara rezeki yang tidak berkah adalah sebaliknya, bertambah tapi tidak memiliki manfaat atau kebaikan di dalamnya seperti berikut ini :
a. Sering hilang, (entah itu dicuri, jatuh di jalan, lupa naruh dan lain-lain)
b. Membawa musibah, baik itu kecelakaan, mengalami penyakit dan sejenisnya.
c. Ditipu orang lain.

Bagaimana caranya agar uang anda berkah?
a. Carilah rezeki yang halal, jangan mencuri, menipu dan cara-cara haram lainnya
b. Bersyukurlah kepada Alloh setiap kali mendapatkan rezeki
c. Sisihkan sebagian rezeki untuk berinfaq di jalan Alloh, bersedekah dan membantu kerabat (jangan pelit)
Rosululloh bersabda : “Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim)
Alloh berfirman : “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Alloh adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Alloh Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqoroh: 261)
d. Gunakan harta untuk hal-hal yang bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat.

Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
”Tidaklah bergeser kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat, sebelum ia ditanya tentang umurnya, untuk apa ia habiskan, tentang ilmunya untuk apa ia amalkan, hartanya darimana ia peroleh dan kemana ia habiskan, dan badannya untuk apa ia gunakan.” (HR Tirmidzi dan Ad-Darimi)




Comments

TULISAN PALING POPULER