Selasa, 27 Oktober 2009

Syubhat Kiamat 2012

Pembaca yang budiman, senang sekali kita bisa menyapa anda di kesempatan kali ini, dan Insya Allah seperti biasa, rubrik Roddu syubhat ini, kita akan menjawab mengenai syubhat-syubhat yang beredar di masyarakat. Adapun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah berkenaan dengan adanya pandangan atau ramalan bahwa Kiamat akan terjadi pada tahun 2012.

Pembaca yang budiman, Ada sebuah kontroversi besar di dalam dunia astronomi dan juga geofisika belakangan ini menyangkut tahun 2012. Konon, sejumlah peristiwa besar yang disebabkan oleh alam akan menyebabkan bumi tempat kita hidup akan mengalami kehancuran luar biasa, bahkan disebutkan jika peristiwa tersebut adalah kiamat atau Hari akhir. Penulis buku ‘Apocalypse 2012’ berdarah Lebanon memaparkan dengan sangat jelas dan juga ilmiah tentang kemungkinan terjadinya bencana alam di tahun tersebut.

Adapun Pembaca yang budiman, Bencana itu antara lain: siklus aktivitas matahari yang memuncak di tahun 2012 yang menyebabkan panas yang luar biasa di bumi, terlebih atmosfer kita sudah mengalami penipisan dan bolong di beberapa bagian sehingga selain memanaskan bumi dengan radikal juga melelehkan es di kutub dan juga menimbulkan badai serta topan yang dahsyat.

Kemudian Pembaca yang budiman, Medan magnet bumi yang berfungsi sebagai pertahanan utama bumi terhadap radiasi sinar matahari mulai retak bahkan ada yang sampai sebesar kota California di sana-sini. Pergeseran kutub juga tengah berlangsung.

Kemudian, Tata surya kita tengah memasuki medan awan energi antar bintang. Awan itu mengaktifkan dan merusak keseimbangan matahari serta atmosfer planet-planet. Para ahli geofisika Rusia berpendapat bahwa bumi akan memasuki awan energi tersebut di tahun 2012 dan akan menimbulkan bencana besar yang belum pernah ada sebelumnya.

Kemudian Pembaca yang budiman, Di Perancis juga terdapat ramalan ilmiyah yang dibuat oleh seorang astrolog yang bernama Nostradamus bahwa planet-planet di angkasa akan berantakan pada akhir tahun 2000 yang akan mengakibatkan hancurnya kehidupan setelah 12 tahun. diantara para ahli astronomi modern lainnya yang mendukung ramalan kiamat tahun 2012 ini adalah :

Pertama:. Seorang ilmuwan matematika Jepang yang bernama Haido Itakawa pada tahun 1980 mengatakan bahwa, planet-planet matahari akan tersusun didalam satu garis dibelakang matahari/ dan kenyataan ini akan mengakibatkan kejadian di angkasa raya yang luar biasa, dan juga dapat menghentikan kehidupan yang ada diatas permukaan bumi pada Agustus 2012.



Kedua. Perihal kiamat tahun 2012 ini juga diberitakan oleh berbagai Jurnal Ilmiah Amerika yang bersumber dari NASA pada beberapa tahun terakhir, bahwasannya teleskop yang diletakkan oleh NASA di ruang angkasa telah menemukan sebuah planet lain yang besarnya hampir sama dengan matahari yang dinamakan dengan plenet Nibiru.

Kemudian Pembaca yang budiman, NASA juga memberitakan bahwa planet Nibiru ini memiliki kekuatan magnet yang sangat besar, dan kuatnya hampir sama dengan yang dimiliki matahari, sehingga akan terjadi hal yang sangat membahayakan apabila planet ini mendekati orbit peredaran bumi. Dan diperkirakan bahwa planet Nibiru akan memasuki orbit bumi pada tahun 2011, dan seluruh penduduk bumi akan dapat menyaksikannya sehingga ia bagaikan sebuah matahari yang lain.(http://forums.al3almi.net)

Pembaca yang budiman, Semua itu merupakan ramalan-ramalan para pakar di bidangnya masing-masing.Menurut Islam, kiamat adalah hal yang tidak bias dihindarkan. Hanya saja, kita tidak akan pernah tahu kapan pastinya akan terjadi. Bisa dua jam lagi, bisa besok, atau entah kapan. Umat Islam adalah umat akhir zaman.

Lalu Pembaca yang budiman, bagaimanakan Islam menyikapi fenomena, dan teori tersebut:
Sebagai Ummat Islam Hendaknya kita fahami terlebih dahulu bahwa, Kiamat merupakan hal ghaib yang harus diimani oleh setiap muslim, dan kita harus yakin bahwa kitamat itu hanya diketahui oleh Allah subhanahu wa ta'ala saja, sebagaimana hal ini banyak disebutkan didalam Kitab-Nya maupun Sunnah Nabi saw, diantaranya adalah firman Allah subhanahu Wata'ala :

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي لاَ يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلاَّ هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ لاَ تَأْتِيكُمْ إِلاَّ بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ اللّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لاَ يَعْلَمُونَ
Artinya : “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. kiamat itu Amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui". (QS. Al A’raf : 187)
Kemudan Pembaca yang budiman, dalam menafsirkan ayat ini, imam Ibnu Katsir mengatakan bahwa firman Allah,”Katakanlah:’Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.” Maka ini Adalah perintah Allah swt kepada nabi-Nya saw, yang mana apabila beliau saw ditanya tentang waktu terjadinya kiamat maka hendaklah beliau saw mengembalikan pengetahuan tentang itu kepada Allah swt. Sesungguhnya Allah subhanahu Wata'ala lah yang menjelaskan waktu kedatangannya atau mengetahui kejelasan perkara itu dan kapan kepastian waktunya.

Pembaca yang budiman, selain itu, terdapat sebuah hadits yang Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra bahwasanya Rasulullah saw bersabda,”Kunci-kunci ghaib itu lima,’Sesungguhnya hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari kiamat, dan Dia-lah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada didalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok, dan tiada yang seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (HR. Bukhori)

Al Qurthubi menyebutkan pendapat Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa kelima kunci-kunci ghaib tersebut tidaklah ada yang mengetahuinya kecuali Allah swt. Hal itu juga tidak diketahui oleh para malaikat, para Nabi yang diutus. Maka barangsiapa yang menganggap bahwa dirinya mengetahui sesuatu tentang itu semua maka orang itu telah mengingkari Al Qur’an dikarenakan ia telah menyalahinya.

Dan juga Pembaca yang budiman, kita bisa mengambil faidah dari jawaban Rasulullah saw ketika ditanya oleh Malaikat Jibril tentang kapan terjadinya kiamat, maka beliau saw besabda,”Orang yang ditanya tidak lebih mengetahui daripada yang bertanya.” (HR. Muslim) Hadits tersebut menjelaskan bahwa diri Rasulullah saw dan juga orang yang bertanya (Jibril) tidaklah mengetahui tentang waktu terjadinya kiamat.

Kemudian Pembaca yang budiman, Syeikh Yusuf al Qaradhawi pernah ditanya tentang akan hancurnya alam ini pada tahun 2012 ?! Beliau menjawab bahwa ini termasuk pembicaraan tentang sesuatu yang akan datang, menerobos tabir masa yang akan datang, menyingkap apa-apa yang mungkin terjadi pada anda besok atau lusa, dan itu semua tidaklah ada yang mengetahuinya kecuali Allah swt.
وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَّاذَا تَكْسِبُ غَدًا
Artinya : “Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok.” (QS. Luqman : 34)
Jadi Pembaca yang budiman, kesimpulan yang bisa kita ambil adalah, bahwa hanya Allah lah yang mengetahui kebenaran terjadinya hari kiamat, bahkan terhadap berbagai penafsiran tentang alam semesta ini, perkembangan alam maupun kehidupan yang seluruhnya merupakan teori-teori, sepertihalnya teori ledakan besar, teori ini dan itu, maka sikap kita adalah tetap memperlakukan hal itu sebagai teori dan tak lebih dari itu, sebagaimana dalam sebuah ungkapan dikatakan bahwa, jika ada sebuah teori maka ada pula sebagian ilmuwan lainnya yang melakukan penyanggahan terhadapnya dengan berbagai teori lainnya dan begitulah selanjutnya.

Pembaca yang budiman, demikianlah penjelasan yang bisa kami sampaikan di kesempatan kali ini, semoga apa yang tadi kita sampaikan dapat memberikan pencerahan kepada kita, dapat menambah iman kita dan tentunya dapat menghilangkan syubhat diantara kita. Sampai di sini kebersamaan kita kali ini, terima kasih atas kebersamaan anda. Wassalamu 'Alaiku Warahmatullah Wabarokaatuh
referensi: http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/kiamat-tahun-2012.htm


3 komentar:

  1. Salam sobat,

    info yang sangat bermanfaat, akhirnya Aku jadi jelas dan sedikit mengerti akan kiamat yang banyak dibicarakan orang2, mungkin ada benarnya perputaran bumi dan planet akan mengakibatkan bencana jgnkan tahun 2012 sekarang aja sudah terasa dampaknya bencana alam dimana2. kita hanya bisa pasrah dan berserah diri kepada Allah swt dan banyak2 beramal dan berbuat kebajikan. oh ya salam kenal juga yaa...

    BalasHapus
  2. duh...takut nih mas...sekarang nih memang sudah tampak tanda2nya ya..Hanya Dia yang Maha tahu..

    BalasHapus

◄ Newer Post Older Post ►

Pasang Iklan 150x150 px

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru

 

Copyright 2011 Dakwah Ahlussunnah is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger