Kamis, 15 Oktober 2009

Tips Memperbanyak Pengunjung Blog

Cara-cara yang bisa anda lakukan untuk menambah pengunjung pada blog anda melalui promosi blog antara lain:

1. Kontes.
Ini adalah cara yang tergolong cukup mahal dan repot. Anda harus menyediakan hadiah bagi pemenang, menjawab tiap pertanyaan yang ada, membuat peraturan dan memastikan bahwa peraturan itu relevan, memastikan tak ada yang curang, dan lain-lain. Jika anda tak punya cukup ‘sesuatu’ yang bisa diberikan sebagai hadiah, trafik mungkin tak akan seperti yang anda harapkan. Namun, jika semuanya berjalan dengan baik, termasuk uang hadiahnya, maka sepertinya kontes anda akan memberi anda lebih dari yang anda ekspektasikan.

2. Brand Making atau Pembuatan Brand.
Hal ini bisa ditempuh dengan cara:

* Dengan nickname yang sangat unik, sangat tak biasa, dan sangat mudah diingat.
Ingat, yang mudah anda ingat belum tentu mudah dingat oleh orang lain juga. Contoh yang salah, The4na, hal ini dibaca Theana, mungkin mudah diingat bagi pemilik nama, namun melibatkan kata dan angka, tidak umum, tidak lucu, dan karena itu, sulit diingat orang lain. Contoh yang betul, Oom (singkat dan umum), Cebong (singkat dan lucu), dan lain-lain.

* Dengan pic atau gambar (atau logo) yang eye catching sekali, imut sekali, tak biasa sekali, dan unik sekali. Ingat juga, yang anda sukai belum tentu orang lain sukai dan hindari memakai gambar yang sudah umum. Contoh yang salah, Budi memakai pic naruto. Naruto terlalu biasa, kemungkinan gambar tersebut dimiliki orang lain atau telah dipakai orang lain sangat tinggi. Gambar terlalu kompleks dan tak begitu imut. Karena sering dilihat orang, keunikannya hilang. Contoh yang benar, mungkin Syamsul Alam dengan pic ‘pocong’-nya, atau Zalukhu dengan pic atau logo twist zalukhu-nya.

* Penyertaan nama di tiap tulisan. Baik tulisan di blog orang lain, maupun di blog sendiri. Beberapa blog memberi kolom ‘about the author’ di bagian bawah posting ataupun di samping kolom. Hal ini mungkin bisa diganti dengan salam tertentu yang unik dan tak dipakai orang lain. Misal, salam dahsyat oleh Pak Tung, salam pintar nya saya, atau salam super seperti milik Mario Teguh.

* Memiliki tema pembahasan khusus. Hal ini lebih menguntungkan dari segi pembentukan nama atau identitas. Ini sebabnya mengapa saya lebih memilih niche blog atau blog dengan tema tertentu. Misal, jika orang ingat kang Rohman, mereka pasti ingat tutorial blog. Jika ingat Cosa Aranda, pasti ingat Google Adsense. Jika ingat saya, pasti ingat pengembangan diri. Bandingkan dengan jika ingat Budi, karena blognya tidak jelas apa isinya, apakah tutor, techno, atau kesehatan, orang jadi ingat gado-gado. (Tapi keputusan memliki niche blog atau general blog tergantung anda semua. Semua ada keuntungan dan kelebihannya).

* Gaya template yang tak banyak berubah. Dengan template yang lebih statis, orang akan lebih mudah mengingat anda dan itu artinya, pembentukan identitas anda akan lebih berhasil. Jika anda perhatikan, blog-blog besar hanya mengganti template pada bagian perwajahan. Secara garis besar, strukturnya tetap sama. Yahoo dari dulu ya gitu-gitu aja, Google juga, Oom sempat berganti warna beberapa kali, tapi strukturnya ya tetap gitu-gitu aja.

3. Ebook Gratis.
Selain meningkatkan pengunjung, hal-hal gratis seperti ebook, jika ditulis dengan gaya bahasa yang personal, ada aturan yang jelas mengenai perlindungan karya kita (misal dilarang menjual materi dalam ebook), dan ada logo anda sebagai cover dari ebook tersebut, saya rasa bisa menjadi salah satu cara untuk membangun identitas yang bagus. Tentu saja untuk promosi blog melalui ebook, kita harus tetap menjaga kualitas dan mutu dari tulisan kita di sana. Jangan karena ebook itu akan kita berikan secara gratis, lantas kita bikin seenaknya, hanya terdiri dari 3 kata, murahan pula infonya.

4. Menulis di Tempat Orang Lain. Hal ini meliputi:

* Mengikuti event Guest Blogging yang diadakan blogger lain (khususnya yang terkenal). Tulisan yang ditulis dengan baik, memukau pengunjung maupun pemilik blog, secara tak langsung akan meningkatkan pengunjung loyal ke blog anda. Signature kita pada akhir paragraf post kita juga merupakan sarana baik untuk mengenalkan diri kita pada orang lain.

* Men-submit artikel ke articles diretories. Sayang di Indonesia masih belum ada, atau mungkin ada, namun saya yang tidak tahu. Namun jika kita juga menulis dalam bahasa Inggris dan berniat mengenalkan nama kita sekaligus membangun link, mengumpulkan artikel keren kita ke articles directory seperti ezinearticles.com adalah hal bagus.

5. Berkomentar dengan Cerdas.
Komentar yang cerdas, adalah komentar yang membuat pemilik blog terkesan, visitor terkesan, dan mereka tahu bahwa anda ahli di bidang tersebut. Komentar cerdas berbeda dengan komentar sok tahu. Anda bisa membedakan sendiri 'kan perbedaan antara komentar cerdas dan sok tahu? Komentar yang cerdas adalah komentar yang relevan dengan konten. Biasanya para ‘pembaca cepat’ memiliki trafik yang rendah karena mereka adalah golongan blogger yang dianggap tak cerdas. Saran saya, tak perlu mampir ke banyak blog dalam satu hari, dan meninggalkan komentar tak bermutu di semuanya. Lebih baik ke sedikit blog namun meninggalkan komentar yang berkesan di sana. Yang paling penting dari komentar adalah, JUJUR. Katakan tak suka jika anda tak suka, katakan tak setuju jika anda tak setuju. Tentu anda harus selalu ingat untuk menggunakan bahasa yang baik.

6. Offline Way

* Buat sticker atau pembatas buku yang menyertakan alamat blog kita dan apa yang akan mereka dapatkan di sana.
* Buat kartu nama yang juga menampilkan site atau blog kita.
* Buat sticker besar yang bisa dipasang di kaca belakang mobil.
* Kalau punya cukup uang, buat pamflet, baliho, dan spanduk. Pasang iklan di tepi jalan atau di jembatan penyeberangan.

Dikutip dari: http://alampintar.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pasang Iklan 150x150 px

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru