Senin, 27 Februari 2012

Dakwah Melalui Radio


Dakwah di radio bagian dari da’wah bil lisan. Ada yang menyebutnya i’lam, yakni penyiaran Islam lewat radio atau televisi.

Dakwah radio atau dakwah melalui radio artinya memperlakukan dan memanfaatkan media paling populer di dunia ini sebagai channel, sarana, atau alat untuk mencapai tujuan dakwah.

Jenis program dakwah di radio, selain ceramah dan dialog Islam (talkshow), antara lain “insert” renungan tiap jam atau tiap setengah jam. Durasi maksimal satu menit, berupa paket “voicer” layaknya spot iklan.

Materinya terjemahan ayat al-Qur'an, syarah al-Hadits, ungkapan Sahabat Nabi Saw, nasihat ulama, atau mutiara kata Islami.

Para da’i dan lembaga-lembaga dakwah harus memanfaatkan radio untuk menebarkan risalah Islam.

Saat ini ada radio yang isi siarannya full dakwah, namun tetap dikemas sedemikian rupa sehingga banyak menarik minat pendengar, seperti radio FAJRI FM Bogor yang saat ini mengudara di frekwensi 99.3 MHz. Namun perlu disadari pula bahwa tidak mudah memiliki stasiun radio yang seperti FAJRI FM. Karena diperlukan SDM, Sistem dan Pendanaan yang kuat. Mungkin radio yang seperti ini pun hanya satu-satunya di Jabodetabek. Walaupun ada yang lain namun radio-radio "Islam" yang ada selain FAJRI FM telah tercampur dengan program-program yang tidak Islami atau tidak syar'i, seperti musik, suara perempuan dan lain-lain, tentunya bagi umat Islam yang sudah mengerti Islam akan "risih" mendengarkannya.

Alternatif lain, lembaga dakwah membuat paket-paket program religius, seperti drama radio, feature, atau sekadar insert/spot renungan Islami yang dikemas semenarik mungkin untuk disiarkan di radio umum. Dan saat ini pun telah ada sebuah Organisasi Dakwah yang bernama HASMI telah memiliki Rumah Produksi Suara Islami (RUPSI) yang memproduksi acara-acara Islami, seperti drama Islami, talk show, ceramah dll yang dikemas dalam bentuk CD, dan dikirim ke berbagai radio untuk diputar di sana.

Efektifitas Radio
Media radio terbukti efektif sebagai sarana komunikasi massa yang bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan menembus batas, terlebih dengan adanya fasilitas streaming (internet). Radio dakwah dan dakwah radio pun sangat prospektif mendatangkan iklan, khususnya produk-produk Islami. Tantangannya, bagaimana menyadarkan para pengusaha Muslim untuk beriklan di radio dakwah dan mensponsori dakwah radio.

Radio terbukti tetap diminati publik karena karakternya yang akrab, theater of mind, murah, serta portabel dan fleksibel –dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja, bahkan sambil melakukan aktivitas lain. Wallahu a’lam. Yusuf

1 komentar:

  1. Saya suka radio fajri, Pembahasan Islamnya lengkap dan penyampaiannya enak, jawabannya selalu pakai dalil dan sangat jelas, Dakwahnya gak bikin bosen. Maju terus Fajri..

    BalasHapus

Pasang Iklan 150x150 px

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru