Skip to main content

Cara Mudah Promosi untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Setelahanda mempelajari bagaimana cara membuat blog, maka langkah berikutnya adalahbagaimana mempromosikan blog anda. Salah satu cara untuk meningkatkanpengunjung blog adalah dengan promosi blog anda ke berbagai tempat di internet.Hal ini dilakukan untuk membuat blog anda terkenal dan banyak dicari oleh parapengguna internet. Jika blog anda sudah tersebar dan terkenal, tentu jumlahpengunjung blog atau pengunjung website, akan meningkat dengan sendirinya. Lalubagaimana cara Promosi Blog anda yang dapat membantu meningkatkan jumlahpengunjung blog anda?

1.Konten unik, menarik dan bermanfaat.
Isi blog atau konten blog yang menarik, tentu punya daya tarik yang lebih bagipara pembacanya. Konten yang terus up to date, konten yang berisi tentangtutorial, atau hal-hal lain yang bisa bermanfaat bagi orang lain, punya nilaitambah dan membuat orang lain senang dan puas. Dengan begitu, maka mereka akantertarik untuk datang kembali ke blog anda, dan mencari informasi menariklainnya dari blog anda.
Lakukan penelitian sehubungan dengan konten yang up to date, datangi beberapasitus seperti google trend atau popular search di yahoo, agar anda bisamengetahui topik yang sedang hangat dibicarakan, dan banyak dicari oleh banyak.
Berusahalah untuk membuat konten yang bukan hanya sekedar copy paste. Kontenunik dan menarik akan disukai oleh search engine, ketimbang blog yang isinyahanya copy paste saja. Buatlah posting dengan tulisan anda sendiri, meskipuntema atau topik utama serta point-point penting di dalamnya diambil dariberbagai sumber.

2.Manfaatkan Situs Jejaring Sosial
Memanfaatkan situs jejaring sosial untuk mempromosikan blog anda juga merupakancara ampuh untuk membuat blog menjadi terkenal. Kita bisa mempromosikan postatau artikel di blog kita ke berbagai situs jejaring sosial.
Di Facebook anda bisa berbagi link (share link) artikel di blog anda secaramanual ataupun otomatis dengan menggunakan aplikasi networked blog, ataumemberikan link-link postingan dari blog di grup. Anda pun bisa menjaring fans bloganda di facebook.
Di Twitter anda juga bisa berbagi link. Apalagi jika anda punya banyakfollower, maka semakin luas pula jaringan promosi blog anda. Maka kemungkinanpengunjung blog anda pun akan semakin bertambah dari blog promosi di twitter.
Begitu pula dengan situs jejaring sosial lainnya, MyYearBook, Google Plus,MySpace, Chime.in, dan masih banyak lagi. Atau anda juga bisa lihat dari daftar15 Situs Jejaring Sosial paling Populer ini. Gunakan situs jejaring sosialuntuk promosi blog anda.

3.Bergabung dengan Milis atau Mailing List.
Di dalam suatu milis, anda bisa saling bertukar informasi antara sesama anggotamilis. Dengan mengikuti milis, kegiatan promosi untuk blog anda akan menjangkauarea promosi yang lebih luas. Setiap kita mengirimkan satu promosi e-mailtentang blog kita, maka secara otomatis akan tersebar ke seluruh anggota milislainnya, dan jika mereka tertarik, maka mereka akan mendatangi blog kita. Makablog kita pun akan lebih banyak dikenal oleh banyak orang.

4.Gunakan Fitur E-mail Signature.
Anda tentu mengenal promosi blog lewat email bukan? Gunakan signature padae-mail anda, atau pada forum. Ini merupakan salah satu blog promosi yang jitu.Dengan mencantumkan e-mail signature yang mengandung alamat post atau alamatblog anda, setiap e-mail apapun isinya dan maksud tujuan anda mengirim e-mail,secara tidak langsung anda melakukan promosi terhadap blog anda.

5.Aktif dalam Forum Diskusi
Ikutlah berbagai macam forum diskusi, dan aktiflah didalamnya dengan mengikutidiskusi-diskusi disana. Selain anda juga bisa memberikan signature yang isinyamengandung promosi blog anda, anda juga bisa mendapatkan backlink gratis.Disana juga anda bisa saling berbagi informasi terkait dengan apapun tentangblog anda. Sebagai referensi anda bisa lihat Daftar Komunitas Forum InternetTerbesar 2011.

7.Daftarkan blog anda ke search engine.
Search engine adalah hal yang paling penting. Kebanyakan pencari informasi diinternet mencari berbagai informasi menggunakan search engine. Semakin banyakkonten blog kita banyak terindeks oleh search engine (mesin pencari), makapeluang menjaring pengunjung ke blog kita pun semakin besar. Daftarkan blogkita ke berbagai search engine terutama pada search-engine raksasa yangterkenal seperti Google, Yahoo, Bing.

8.Daftarkan blog anda ke Website Direktori.
Mendaftarkan blog anda ke website direktori juga penting dilakukan agar bloganda semakin cepat dan banyak ter-indeks oleh search engine. Anda bisadaftarkan blog anda ke berbagai website direktori, terutama pada websitedirektori besar seperti Google Direktori, Yahoo Direktori dan DMoz Direktori.Dmoz juga sering dijadikan referensi oleh search engine lainnya.

10.Daftarkan blog anda ke situs-situs Social Bookmarking
Media online yang tak kalah pentingnya dalam promosi blog anda adalah socialbookmarking. Social bookmarking digunakan untuk mem-bookmark berbagai postinganatau artikel yang disukai. Ada berbagai situs social bookmarking, dari mulaiyang ber PR kecil hingga besar. Anda bisa daftarkan blog anda ke situs-situssosial bookmarking besar seperti digg, stumbleupon, blinklist, technorati,delicious, reddit, linkedin, dan masih banyak lagi, baik situs bookmarkingIndonesia, ataupun situs-situs social bookmarking luar negeri.


11.Daftarkan blog anda ke RSS Submission.
Blog anda tentu memiliki RSS Feed. Anda bisa mendapatkannya RSS feed anda jugamelalui Feedburner. Cara ini juga merupakan salah satu cara membuat blog andadidatangi banyak pengunjung. Beberapa RSS Submission diantaranya seperti :




Dan masih banyak lagi. Atau jika anda mau, anda bisa menggunakan automatic rssbookmarking ke banyak situs rss bookmarking sekaligus dengan menggunakanaplikasi ping otomatis seperti misalnya di pingomatic.com dan yang lainnya.

12.Gabungkan blog anda ke Social Community Network.
Cara promosi blog anda berikutnya adalah dengan mendaftarkan blog anda kesocial Community Network seperti Blog Catalog, Google Friend Connect,Technorati, Top of Blog, Top Blog Area, blogged, Blog Top Site, SpicyPage, danberbagai social community network lainnya. Kalau dulu sebenarnya ada My BlogLog yang terkenal dengan berbagai fitur menarik dan kemudahannya, cumasayangnya, sekarang My Blog Log sudah ditutup.

13. Blog Walking

Sering-seringlah jalan-jalan atau blog walking ke blog-blog lain. Dantinggalkan jejak disana dengan saling memberikan komentar dan bertukar link.Blogwalking ke situs-situs atau blog yang punya PR (Page Rank) besar akan lebihbermanfaat untuk anda, juga untuk saling mendapatkan backlink berkualitas.Dengan begitu anda bisa saling berkunjung dengan blog lain serta menjalinkerjasama yang baik dalam rangka meningkatkan jumlah pengunjung di blog kita.

14.Optimalkan Blog Anda.
Selain membuat konten yang unik, menarik dan berguna, anda juga harusperhatikan penampilan blog anda. Jika anda sudah melakukan promosi blog anda,maka berusahalah membuat tampilan blog anda membuat orang betah berlama-lama diblog anda dan tertarik untuk kembali lagi mendatangi blog anda. Jangan pasangterlalu banyak pernak-pernik yang tidak terlalu dibutuhkan, itu akan membuat blogkita ringan dan tidak berat loadingnya. Ini juga merupakan trik agar blog andabanyak disukai pengunjung. Berusahalah membuat blog anda rapi, bersih dansopan.

Nah, sobat blogger, itulah tips tentang bagaimana cara promosi blog anda, agarpengunjung blog anda meningkat. Tips ini juga merupakan bagian darilangkah-langkah Search Enginge Optimatioan (SEO). Setelah menjalankan promosiblog, coba anda ukur seberapa kuat blog anda di internet kemudian. Barangkalimasih banyak tips lain yang menurut anda juga menjadi faktor penting dalampromosi blog, anda boleh tambahkan di kolom komentar di bawah ini. Semoga tipspromosi blog ini bermanfaat untuk anda. Selamat berkarya dan Happy Blogging!

Comments

  1. ok thanks for yout info..
    Silahkan kunjungi aku juga ya, di BERBAGAI ILMU DAPAT DIPELAJARI

    ReplyDelete
  2. salam kenal ya gan..thanks buat ilmunya

    ReplyDelete
  3. Mksih gan atas infonya. Sngat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. numpang lapak ya gan

    tino-downloadarea.blogspot.com
    .
    untuk download anime, manga, film , software dan games

    ReplyDelete

Post a Comment

TULISAN PALING POPULER