Skip to main content

Golongan Penghuni Neraka


Golongan Penghuni Neraka

Saudaraku kaum muslimin, pembaca yang budiman.. kita semua menyadari bahwa manusia seluruhnya pasti akan menemui ajal, bahkan orang yang tidak beriman sekalipun tahu bahwa mereka akan mati. Dan pada akhirnya kita hanya akan menuju dua tempat, yakni surga atau neraka. Alloh telah menciptakan surga sebagai balasan bagi orang-orang yang bertakwa. Adapun neraka telah Alloh mempersiapkannya sebagai balasan untuk orang-orang kafir dan muslim yang berbuat maksiat. Kita semua belum ada yang pernah melihat betapa kerasnya siksa neraka. Namun gambaran tentang neraka bisa kita peroleh dari kitab suci kita Al-Qur’an dan Sabda Nabi kita Muhammad n

Renungkanlah wahai saudaraku… Api neraka begitu panas, sampai-sampai dapat mendidihkan otak bila diinjak. Suara gemuruhnya membuaat para Nabi r sekalipun sampai menggigil ketakutan hingga hanya memohon untuk keselamatan dirinya sendiri. Jurangnya begitu dalam sampai-sampai jika sebongkah batu dimasukan ke dalamnya, ia baru akan mencapai dasarnya setelah tujuh puluh tahun lamanya. Dan setiap penghuni neraka disiksa hingga hangus terbakar, maka Alloh mengganti kulit mereka dengan kulit yang baru agar mereka tetap merasakan adzab dari Alloh. Sungguh tak sanggup kita membayangkan betapa seram dan ngerinya neraka, dan pastinya tubuh kita yang lemah ini tak akan sanggup menahan siksaan tersebut. Kita berlindung kepada Alloh dari dimasukan ke neraka. Sebab tanpa pertolongan Alloh dan jika bukan karena rahmatNya, maka bisa jadi kitapun termasuk penghuni neraka. Ketika kita bicara tentang calon penghuni neraka, maka seluruh penduduk bumi sebenarnya sangat berpotensi untuk memasuki neraka, kecuali bagi orang-orang yang dikehendaki untuk diselamatkan oleh Alloh. Dan mayoritas penduduk bumi akan menjadi penghuni neraka, sebagaimana Alloh l berfirman :

bÎ)ur ôìÏÜè? uŽsYò2r& `tB Îû ÇÚöF{$# x8q=ÅÒム`tã È@Î6y «!$# 4 bÎ) tbqãèÎ7­Ftƒ žwÎ) £`©à9$# ÷bÎ)ur öNèd žwÎ) tbqß¹ãøƒs ÇÊÊÏÈ

“Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Alloh. mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Alloh).” (QS. Al-An’am: 116)

Alloh juga berfirman : “..dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya.” (QS. Al-Hajj:18)

Renungkanlah wahai saudaraku… Ayat-ayat di atas telah menggambarkan tentang betapa banyaknya manusia yang terancam dengan neraka, maka sangat beruntunglah orang yang diselamatkan oleh Alloh dari siksaNya. Sebagaimana Alloh berfirman :

“…Barang siapa dijauhkan dari neraka, dan dimasukan ke surga. Sungguh dia telah memperoleh keberuntungan (kemenangan).” (QS. Ali Imran : 185)

Ya.. itulah nasib kebanyakan manusia. Maka dari itu tetaplah istiqomah dalam keta’atan, meskipun orang yang ta’at jumlahnya sedikit jangan pernah berkecil hati. Jika saat ini kita merasa terasing disebabkan keistiqomahan dalam memegang agama, maka berharaplah kepadaNya semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung.

Jika kita merinci tentang golongan penghuni neraka, maka mereka terbagi menjadi dua golongan. Yaitu golongan yang kekal di neraka, artinya mereka akan selama-lamanya berada di dalam neraka, merasakan panasnya api yang membakar kulit mereka, tak pernah ada kata istirahat, tak ada air minum yang menyegarkan, dan tak ada kenikmatan. Adapun golongan ke dua adalah golongan yang tidak kekal, sehingga masih ada kemungkinan mereka dikeluarkan dari neraka dikarenakan masih adanya setitik keimanan padanya. Walauplun tidak kekal di nereka.

Pada edisi kali ini kita akan membahas dan merinci golongan yang kekal di neraka, diantara mereka adalah :

1. Iblis/Setan

Iblis adalah makhluk yang terlaknat hingga hari kiamat, ia terusir dari surga karena kesombongannya tidak mau ta’at kepada perintah Alloh untuk sujud kepada adam. Alloh tak akan pernah mengampuninya, dan Alloh pun telah mengancam iblis dengan neraka jahanam, sebagaimana Alloh berfirman :

Keluarlah kamu dari syurga sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barang siapa diantara mereka (manusia) mengikuti kamu benar-benar aku akan mengisi neraka jahanan dengan kamu semuanya.” (QS. Al-A’raf : 18)

Demikianlah ancaman Alloh kepada Iblis dan siapa saja yang mengikutinya. Iblis telah bertekad kuat untuk menjerumuskan keturunan adam dari jalan ke surga menuju neraka. Dan kalau kita perhatikan fenomena yang ada saat ini, sepertinya memang tekad iblis itu telah terwujud dengan banyaknya manusia yang ingkar kepada Alloh. Maka dari itu janganlah kita mengikuti ajakan-ajakan sesatnya jika kita ingin terhindar dari neraka.

2. Orang Kafir

Orang-orang kafir dari kalangan ahli kitab (Yahudi dan Nasrani), maupun kalangan musyrik adalah penghuni neraka yang akan kekal di dalamnya, keduanya tidak akan mungkin diampuni oleh Alloh dikarenakan mereka tidak menghambakan dirinya kepada Alloh, mereka menyembah kepada selain Alloh, sehingga kemurkaan Alloh sangat besar terhadap golongan mereka. Sebagaimana Firman Alloh,

Sesungguhnya orang-orang kafir, yakni ahli kitab dan orang-orang musyrik, (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.” (Qs. al-Bayyinah: 6).

Ayat tersebut sudah sangat jelas menyebutkan kekalnya mereka di neraka.

Siksaan bagi Orang Kafir

Saudaraku yang budiman, orang-orang yang tidak mau menyembah Alloh, bahkan mereka berani memerangi agama Alloh, mereka memperoleh balasan setimpal di neraka. Diantara siksanya adalah dengan dibuatkan untuk mereka pakaian dari api, kepala mereka disiram air mendidih yang menghancurkan kulit, daging dan tulang mereka, sebagaimana Alloh berfirman :

"…Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian dari api neraka, disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala-kepala mereka. Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada di dalam perut mereka dan juga kulit-kulit mereka. Dan cambuk-cambuk dari besi. Setiap kali mereka hendak keluar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, maka mereka dikembalikan kedalamnya, (serta dikatakan kepada mereka): "Rasailah azab yang membakar ini." (Al-Hajj [22]:19-22)

Itulah balasan bagi mereka yang kafir. Maka dari itu wahai saudaraku, janganlah kita merasa iri dengan duniawi yang saat ini dinikmati oleh orang kafir, karena memang bagi mereka dunia ini adalah surga, mereka bisa berfoya-foya tanpa aturan, bisa berzina sekehendak hati. Namun setelah mati, jangan harap kenikmatan itu akan mereka dapatkan, yang mereka rasakan hanyalah siksa yang tiada henti. Penyesalan di kala itu tiadalah berarti, bagi mereka tak ada ampun lagi. Hal ini seperti yang Alloh firmankan dalam al-Qur’an;

Sesungguhnya orang-orang yang kafir sekiranya mereka mempunyai apa yang di bumi ini seluruhnya dan mempunyai yang sebanyak itu (pula) untuk menebus diri mereka dengan itu dari adzab hari kiamat, niscaya (tebusan itu) tidak akan diterima dari mereka, dan mereka beroleh adzab yang pedih. Mereka ingin keluar dari neraka padahal mereka sekali-sekali tidak dapat keluar daripadanya, dan mereka beroleh adzab yang kekal.” (Qs. al-Maidah: 36-37).

Demikianlah diantara bentuk siksaan yang Alloh timpakan kepada mereka, dan hal itu terjadi selama-lamanya tanpa henti, tanpa istirahat.

3. Orang Munafiq dengan Kemunafikan Akbar.

Ulama’ Ahlussunnah sepakat bahwasannya orang munafik akbar tergolong ke dalam golongan kafir, bahkan kerusakan yang ditimbulkan orang munafik lebih berbahaya daripada orang kafir yang sudah jelas kekafirannya. Dikarenakan pada hakikatnya orang munafik tidaklah beriman kepada Alloh, mereka hanya menampakan fisik (zhahir) yang seolah beriman, namun dalam hatinya terdapat kebencian yang mendalam terhadap Islam, dan mereka selalu berupaya merusak Islam dari dalam. Mereka tidak senang jika umat Islam memperoleh kemenangan, bahkan mereka merasa gembira jika umat ini terpuruk. Mereka termasuk golongan yang diancam dengan kekalnya mereka di dalam neraka. Hal ini sebagaimana firman Alloh:

“Alloh mengancam orang-orang munafik lelaki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahanam. Mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka dan Alloh melaknati mereka dan bagi mereka azab yang kekal”. (QS. At-Taubah : 68)

Dan tahukan anda wahai saudaraku.. Sesungguhnya Alloh telah mengancam dengan siksa yang berat bagi orang-orang munafik, yaitu dimasukan ke dasar jahanam. Sebagaimana Alloh berfirman :

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka.”

(QS. an-Nisa: 145)

Saudaraku..

Inilah diantara kelompok yang telah Alloh janjikan dengan siksa yang kekal di neraka. Maka dari itu janganlah kita menjadi bagian dari kelompok mereka, dan marilah kita berupaya keras untuk menjauhi Iblis dan bala tentaranya yang selalu mengajak ke pintu neraka. Jangan jadikan orang-orang kafir sebagai panutan, jangan pernah membanggakan orang kafir hanya karena ia orang terkenal atau kaya raya, semua itu tak ada artinya dihadapan Alloh. Ikutilah jalan orang-orang bertakwa, jadikanlah mereka sebagai panutan. Semoga demikian Alloh berikan rahmatNya kepada kita, sehingga kita terselamatkan dari neraka, itulah harapan kita semua.. Amin.

Oleh : Yusuf Supriadi

Tulisan ini pernah dikirim ke redaksi majalah Islam Gerimis, dan dimuat pada edisi Agustus 2011

Comments

TULISAN PALING POPULER