Skip to main content

Pesantren Adalah Benteng Penjaga Moral Bangsa


Dakwah Ahlussunnah. JAKARTA - Pesantren memiliki peran sentral dalam membangun moral bangsa. Kehadiran pesantren diharapkan bisa mencetak generasi pemimpin bangsa yang amanah dan bermoral.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, di Jakarta pada acara menyambut hari ulang tahun Kiai Amin Sepuh dan Kiai Sanusi Albabakan. ''Pesantren merupakan institusi pendidikan yang penting untuk bisa mencetak kader-kader pemimpin yang bermoral dan amanah,'' katanya dalam siaran pers yang diterima Republika, di Jakarta, Selasa (3/4).

Meski berperan besar dalam melahirkan calon pemimpin bangsa yang bermoral, Agung mengingatkan agar pesantren juga harus bisa bersaing dengan lembaga pendidikan umum. Pesantren harus bisa membuat kurikulum pendidikan yang bisa melahirkan lulusan yang mampu bersaing dalam arus globalisasi.

Isroil Muin, ketua Majelis Komunikasi Alumni Babakan, Pondok Pesantren Babakan Ciwaringan, mengaku setuju bahwa lulusan pesantren memiliki daya saing tinggi. Selain itu, Isroil juga mengatakan pesantren seharusnya pula bisa mengambil peran menyumbangkan para lulusannya menjadi pemimpin bangsa yang bermoral.

''Sampai sekarang ini kami meyakini pendidikan pesantren itu masih menjadi penjaga kultur budaya Indonesia,'' katanya. ''Kami juga yakin lulusan pesantren ini akan mampu melahirkan pemimpin yang amanah.''

Comments

TULISAN PALING POPULER