Skip to main content

MENYELAMI KEMULIAAN ROMADHON

Bulan Romadhon dengan segenap keberkahannya akan datang. Sungguh mulia bulan yang satu ini. Nabi Sholallohu ‘alaihi wa Sallam selalu memberi kabar gembira kepada para sahabatnya dengan kedatangan bulan Romadhon.

A. Pintu surga dibuka di bulan Romadhon, pintu neraka ditutup dan setan diikat.
Abu Hurairah _Rodhiyallohu ‘anhu_ menuturkan bahwa Nabi _Sholallohu ‘alaihi wa Sallam_ selalu memberi kabar gembira kepada para sahabatnya dengan bersabda:

“Telah datang kepada kalian bulan Romadhon, bulan yang penuh berkah, Alloh mewajibkan puasa atas kalian di dalamnya. Pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka Jahim ditutup, setan-setan dibelenggu dan di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang dihalangi mendapatkan kebaikan malam itu, maka ia telah dihalangi dari banyak kebaikan.” (HR. Ahmad, dishohihkan al-Arna’uth)

Sebagian ulama berkata, “Hadits ini menjadi landasan hukum atas perintah mengucapkan selamat datang terhadap bulan Romadhon.”
Misal : Ahlan wa Sahlan Ya Romadhon, atau Marhaban Ya Romadhon dan semisalnya.

B. Bulan Pengampunan Dosa dan Pembebasan dari Neraka
Pada bulan Romadhon ada banyak sebab untuk diampuninya dosa dan dibebaskannya seorang hamba Mukmin dari neraka.  Rosululloh   bersabda:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Romadhon karena iman dan mengharap pahal dari Alloh maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhori dan Muslim)

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
“Barangsiapa yang berdiri untuk sholat malam di bulan Romadhon karena iman dan mengharap pahala dari Alloh, maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Demikianlah pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.

Comments

TULISAN PALING POPULER