Skip to main content

Ingin lanjut KULIAH S2, S3? Pertimbangkan dulu hal ini..



1. FINANSIAL
Sudah siapkah Anda secara finansial? Walaupun mental sudah berkata siap, isi tabungan tetap ikut menentukan. Jika Anda memilih untuk mengeluarkan biaya sendiri, pastikan segala perhitungan sudah dilakukan dengan baik, dan tabungan Anda mencukupi. Jika tidak, Anda bisa mencoba peruntungan dengan mengambil jalur beasiswa.

2. KELUARGA
Jika Anda sudah berkeluarga, maka pertimbangkan juga bagaimana dengan isteri dan anak-anak Anda. Bisakah anda mengatur waktu untuk mereka atau bisakah hak-hak mereka juga terpenuhi? Perlu juga kiranya Anda berdiskusi dengan keluarga dan memberikan pengertian kepada mereka.

3. PEKERJAAN, 
Lihat kembali isi kesepakatan kerja Anda dengan perusahaan untuk mengetahui kebijakan terhadap karyawan yang ingin melanjutkan kuliah. Sebab, tak sedikit karyawan perusahaan yang kesulitan mendapat izin untuk menjalani kuliah. Bisa-bisa Anda dipecat jika sering tidak masuk kerja dikarenakan kuliah.

4. WAKTU & TENAGA
Apabila Anda diperbolehkan menjalani kuliah dan pekerjaan secara bersamaan, pikirkan pembagian waktu dan energi Anda. Bagaimanapun juga, Anda memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan Anda. Pilihan lainnya, Anda bisa mengajukan resign kemudian fokus pada pendidikan. Keputusan melanjutkan kuliah saat sudah bekerja memang butuh pemikiran matang. Tapi Anda tak perlu cemas. Selama ada niat yang kuat, segala yang Anda jalani akan terasa lebih mudah.

5. MANFAAT
Adakah manfaat kuliah yang anda lakukan bagi kehidupan, pekerjaan, atau penghasilan Anda. Tentu saja pasti ada manfaatnya.
Tapi yang dimaksud adalah manfaat secara signifikan dibandingkan dengan pengorbanan yang harus Anda berikan demi tercapainya gelar S2 dan S3. Jika dirasa sangat bermanfaat, maka lanjutkan. Tapi jika kurang bermanfaat maka alangkah baiknya Anda pertimbangkan lagi untuk melakukan hal lain yang lebih bermanfaat.

Comments

TULISAN PALING POPULER